Rabu, 16 November 2011

PERSIAPAN IBU DAN KELUARGA

1. kapan bayi akan lahir

Bila anda tidak tahu atau tidak bisa memperkirakan (karena anda bukan bidan atau dokter  ), maka tanyakanlah kepada bidan atau dokter mengenai tanggal perkiraan persalinan. Lebih baik lagi hal ini justru ditanyakan pada saat awal-awal kehamilan.
Sebaiknya sang suami atau keluarga mendampingi ibu hamil saat diperiksa. Agar informasi yang disampaikan dokter dapat lebih jelas untuk diterima.

2. Siapkan tabungan untuk biaya persalinan

Sudah pasti saat melahirkan tentu akan membutuhkan biaya, sekalipun jika anda menggunakan jaminan kesehatan bagi warga miskin. Minimal untuk transportasi dan saat menunggu di rumah sakit atau tempat bersalin.

3. Menyiapkan kendaraan

suami, keluarga dan masyarakat sebaiknya menyiapkan kendaraan jika sewaktu-waktu diperlukan. Mulailah dengan menyusun prioritas kendaraan yang bisa dipakai. Jadi ketika dibutuhkan, kendaraan sudah bisa / siap untuk dipakai.

4. rencana tempat melahirkan

Ketika anda atau istri anda hamil, anda harus sudah merencanakan kira-kira dimana tempat melahirkan. Apakah di rumah sakit bersalin, rumah sakit umum, puskesmas atau tempat praktek bidan. Anda sudah harus mulai merencanakan, tentunya dengan melihat kemampuan keuangan, perkiraan jarak dan waktu tempuh, dan lain sebagainya.
Yang jelas anda harus merencanakan melahirkan ditolong bidan atau dokter di fasilitas pelayanan kesehatan

5. Siapkan Pendonor Darah

Kita tentunya tideak mengharapkan sesuatu yang buruk terjadi, tetapi lebih baik kita bersiap-siap jika ternyata sang calon ibu mengalami kekurangan darah saat melahirkan. Oleh karena itu siapkan pula orang yang bersedia menjai donor darah jika sewaktu-waktu diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar